SAYA MAU NUTUP / BERHENTI BAYAR ASURANSI KARENA KEBUTUHAN BANYAK

BY Arief Hidayatullah IN , , , , , , , , , No comments

Assalamualaikum teman - teman pembaca.
Bismillah, kalimat tersebut dibiasakan sebagai pembuka atau mengawali segala aktifitas kita yang berarti Dengan Menyebut Nama ALLAH SWT agar dimanapun dan sedang melakukan aktifitas apapun selalu melibatkan Sang Maha Pencipta. Semoga teman - teman yang membaca tulisan ini mendapatkan manfaat selalu dijaga dan selalu diberikan yang terbaik dari ALLAH SWT. Kali ini saya mau membagikan pengalaman dan buah pikir saya. Terinspirasi dari teman - teman yang baru menjadi nasabah saya bahkan sudah beberapa tahun lamanya. Ada kesamaan kalimat yang selalu mereka sampaikan ke saya.

"Rif, gue mau berhenti ikut Asuransi yah" kata salah satu nasabah saya
"Loh, kenapa mau berhenti?" tanya saya untuk menggali lebih dalam mencari alasan
"Lagi banyak pengeluaran rif, istri baru lahiran dan anak gue lagi banyak kebutuhan" jawabnya

Biasanya kalau sudah sms, telphone atau chatt ke saya dengan tema seperti itu saya tinggal menimpali dengan kalimat "oke, gue main ke rumah elo yah mau silaturahmi sekalian ketemu istri dan anak lo"

Banyak beragam alasan yang pernah saya terima antara lain :
"Gue mau berhenti, gak ada manfaatnya sama sekali"
"Gue bulan ini sampai selanjutnya kayaknya gak bisa bayar deh rif, lagi banyak kebutuhan"
"BPJS aja cukup gue rif"
dan banyak alasan lainnya.

Setelah saya  gali kemudian mereka mengungkapkan ke saya dari lubuk hati mereka yang paling dalam kebanyakan adalah "FINANSIAL GUE LAGI TURUN BAHKAN GAK CUKUP"

Sangat disayangkan bagi nasabah - nasabah yang menutup polisnya, dampaknya adalah :
1. Fasilitas kesehatan akan dibekukan, apabila diaktifkan kembali akan dikenakan masa tunggu dari awal (apabila belum masuk masa cuti premi).
2. Program Proteksi income yang dijalankan juga akan tersendat (kalau belum tahu apa itu Proteksi Income silahkan tanya saya).
3. Program Proteksi Asset yang dijalankan tidak berjalan semestinya (kalau belum tahu apa itu Proteksi Asset silahkan tanya saya).
4. Program Pembentukan Asset 1 Milyar tidak sesuai harapan (kalau belum tahu apa itu Pembentukan Asset 1 Milyar silahkan tanya saya).
5. Warisan untuk keluarga juga tidak bisa cair jika tidak sesuai dengan akad yaitu pembayaran dalam status lapsed. Baca : PUNYA HUTANG DALAM JUMLAH BESAR?
6. Uang pendidikan untuk kuliah anak anda akan tidak sesuai perhitungan bahkan kalau tidak melanjutkan berarti anda sudah meniadakan perencanaan pendidikan, modal usaha atau modal pernikahan anak anda.
7. Adanya uang pensiun yang punya peranan penting dimasa senja anda. Baca :JANGAN MEMBEBANI ANAK DENGAN MASA TUA ATAU PENSIUN ANDA!

Dengan me non aktifkan polis anda, maka manfaat multifungsi yang saya sebutkan semua di atas bahkan masih banyak dampak lainnya. Baca : BAHAYA! HATI - HATI! KLAIM ASURANSI DITOLAK!

Sungguh disayangkan bagi nasabah - nasabah yang menutup polisnya, padahal ada beberapa solusi yang bisa diambil seperti :
1. Adanya fasilitas untuk penurunan premi yang akan disesuaikan dengan manfaatnya nanti. Contohnya, apabila ada seoran nasabah yang rutin membayar preminya senilai Rp. 1.500.000,- yang kemudian karena ada kebutuhan mendesak sehingga cashflownya terganggu dan semua pengeluaran sudah diminimalisir termasuk premi rutin bulanannya bisa saja menjadi Rp. 1.000.000,- atau bahkan lebih rendah lagi. Hal tersebut bisa mempengaruhi fasilitas kesehatan yang di dapat atau bahkan tidak sama sekali, silahkan berkonsultasi dengan agen asuransi anda.
2. Adanya fasilitas untuk cuti premi setelah tahun kedua apabila nilai tunai aja cukup untuk hal tersebut, yang artinya anda tidak perlu rekeningnya dipotong secara autodebit atau membayarnya secara manual lewat ATM, Bank atau Merchant layanan lainnya. Cuti premi diberikan dengan mengambil dari nilai tunai tunai anda yang sudah terbentuk, besarannya tergantung berapa biaya asuransinya (biaya asuransi, berbeda dengan investasi).
3. Anda bergabung dengan saya untuk memulai bisnis yang seperti saya jalani yaitu membangun frenchise di bidang jasa konsultasi keuangan.


Untuk sekedar mengingatkan, bahwa bentuk kita sayang dengan keluarga ada banyak cara ya salah satunya membuat polis Asuransi (saya merekomendasikan yang berasaskan Syariah / Asuransi Syariah) karena sebagian besar dampak dari manfaat yang diberikan adalah untuk keluarga yang kalian sayangi. Alangkah bijaknya untuk tetap mempertahankan polis yang anda miliki. Jadikanlah premi Asuransi menjadi kebutuhan utama / primer / pokok anda demi keluarga.

Arief Hidayatullah, SH, MH
Financial Consultant
Prudential Syariah
081280155666
Follow Instagram

Add Facebook
Follow dan Like Fanspage untuk mendapatkan informasi, tulisan dan penawaran investasi menarik.


0 komentar:

Posting Komentar

Kualitas diri anda tercermin dari tulisan yang anda tuliskan.
Berkomentar yang santun dan saling menghargai pendapat orang lain adalah sikap dari manusia yang berbudi luhur.
Mohon tidak menanamkan link yang tidak berbuhungan dengan topik pembahasan.
Salam
Arief Hidayatullah. SH