PILIH 1 ATAU 2?

BY Arief Hidayatullah IN , , , , , , , , No comments


Bismillah, Jakarta pagi hari sabtu tanggal 29 April 2017.
Hari itu adalah salah satu hari besar buat kami, dikarenakan adanya perayaan wisuda adik ipar yang mendapatkan gelar S. Kom. Dari subuh kami sudah bersiap untuk antisipasi tidak mengalami keterlambatan saat tiba di tujuan yaitu gedung Sasono Utomo - Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Saat tiba di Taman Mini Indonesia Indah teringat masa lalu saat masih kecil dimana suasana tidak sepadat saat ini, beneran padat banget. Sampai di jalan Taman Mini mengalami kemacetan, dulu sangat - sangat lengang. Sembari menunggu yang diwisuda selesai acaranya, kami gelar tikar untuk sekedar merenggangkan kaki dan badan. Bercanda gurau dengan istri dan sikecil. Dan tersadar bahwa "Zaman Dulu" sudah terlewati dan ada banyak perubahan secara sadar atau tidak kita sadari serta bukan hidup di zaman dulu melainkan zaman sekarang.

Beginilah Jakarta, dimana waktu sangat berharga bagi penghuninya disamping karena macet dan dimana waktu tidak bisa diputar kembali. Ada dua jenis tipe pengguna waktu untuk keluarga yaitu :
1. Seseorang yang mementingkan waktu untuk keluarganya.
2. Seseorang yang perlu melakukan pengorbanan untuk mendapatkan waktu untuk bersama keluarganya.

Jadi, yang mana tipe kalian? Nomor 1 atau 2?
Akankah nanti saat masuk usia pensiun kalian harus tetap bekerja? Iya atau tidak?
Apapun jawabannya bagi pembaca tulisan ini yang belum memasuki usia pensiun, adalah jawaban tidak pasti. Karena mereka belum tau saat pensiun nanti seperti apa (mau tipe yang menikmati usia pensiun atau masih terus bekerja untuk bertahan hidup sebagai penunjang biaya sehari - hari). Silahkan Klik untuk membaca artikel terkait pensiun.

Untuk itu pentingnya bekal program perencanaan dari mulai muda agar masa pensiunnya bisa lebih menikmati. Ada beberapa cara, dapat saya sebutkan antara lain adalah menabung atau berinvestasi.
Menabung, dalam hal ini perlu digaris bawahi ialah kegiatan tersebut sebagai menyimpan uang entah jangka pendek atau jangka panjang.
Investasi, dalam hal ini berbeda dengan menabung. Perbedaanya adalah disini tempat mengelola dana, bukan tempat untuk menyimpan uang. Dan namanya investasi sudah dipastikan jangka waktunya sangat panjang, toh kalau mau diambil dalam jangka pendek sudah dipastikan rugi kalau itu dilakukan lebih baik menabung.

So.. kembali lagi ke bagian poinnya mau tipe nomor 1 atau 2?
1. Seseorang yang mementingkan waktu untuk keluarganya. Tempat untuk curhat suami, istri atau anak - anaknya. Menghabiskan banyak waktu dan momen berharga dengan mereka. Menjadikan keluarga sebagai madrasah untuk anak - anaknya.
2. Seseorang yang perlu melakukan pengorbanan untuk mendapatkan waktu untuk bersama keluarganya. Tipe ini sangat disibukan dengan pekerjaan dan keduniawian. Jangan sampai suami anda merasakan punya suami tapi seperti gak punya suami, punya istri tapi serasa gak punya istri, punya ayah / ibu tapi terasa tidak punya orang tua disebabkan kesibukan pekerjaan masing - masing.

Kalau saya pribadi sih pilih Waktu untuk keluarga, bisa jalan - jalan seperti liburan ke Taman Mini Indonesia Indah. Murah meriah, putri kecilku senang, kami sebagai orang tuapun ikut senang melihat dia ketawa bahagia.

Jadi sepakat ya untuk teman - teman pembaca mengenai pentingnya perencanaan keuangan yang tepat. Jika ada penulisan yang salah atau ada yang tersinggung dengan tulisan saya ini saya mohon maaf, karena sesungguhnya khilaf berasal dari saya dan kebenaran hanya dari Allah SWT.

Arief Hidayatullah, SH, MH
Financial Consultant
Prudential Syariah
081280155666
Follow Instagram
Add Facebook
Follow dan Like Fanspage untuk mendapatkan informasi, tulisan dan penawaran investasi menarik

0 komentar:

Posting Komentar

Kualitas diri anda tercermin dari tulisan yang anda tuliskan.
Berkomentar yang santun dan saling menghargai pendapat orang lain adalah sikap dari manusia yang berbudi luhur.
Mohon tidak menanamkan link yang tidak berbuhungan dengan topik pembahasan.
Salam
Arief Hidayatullah. SH